Tuesday, November 14, 2006
Islam Menyayangi Wanita

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Ini adalah tulisan kedua tentang perempuan, dari milist yang sama dengan tulisan pertama. Selamat Menikmati.

Islam Menyayangi Wanita
by Ummu Iffah

Ketika tradisi penguburan hidup-hidup bayi wanita menjamur dalam tradisi Arab jahliyah, Islam datang dengan tegas melarangnya. Malahan wanita diangkat derajatnya dengan menempatkan wanita pada posisi yang terhormat “Surga ada ditelapak kaki ibu” (HR. Qoda’y dari Annas r.a) Islam juga memerintahkan kepada setiap anak untuk berbuat baik kepada orang tuanya terutama ibu (QS. Lukman:14). Nabi SAW bahkan menganjurkan untuk mendahulukan ibu sebelum bapak dalam hadisnya yang masyhur. Lebih jauh Islam telah mendeklarasikan persamaan antara laki-laki dan perempuan (QS. Al- Hadid:12 dan 18, At-Taubah:71- 72, An-Nisa:124, An-Nahl:97, Al- Mukmin:40, Taubah:71, An-Nisa:124, An-Nahl:97, Al- Mukmin:40, Al-Fath:5).


Adapun yang menjelaskan tentang imbalan bagi orang-orang yang memperlakukan anak, saudara atau orang perempuannya dengan baik tertuang dalam hadits-hadits berikut:“Rumah yang di dalamnya terdapat anak-anak perempuan, maka setiap hari Allah menurunkan dua belas rahmat, para malaikat tidak terputus-putus mengunjungi rumah itu, dan para malaikat di setiap hari dan malamnya mencatat untuk kedua orang tuanya pahala sama dengan pahala ibadah tujuh puluh tahun ” (HR. Abu Ya’la).


"Barangsiapa menanggung (biaya hidup) seorang yatim, baik keluarga ataupun bukan keluarga, maka dia kelak berdampingan denganku di surga. Dan barangsiapa membiayai tiga orang putri yang diamanatkan Allah kepadanya, maka dia berhak masuk surga: Dan dia mendapat pahala seperti pahalanya orang yang berjihad di jalan Allah, yang siang harinya digunakan untuk berpuasa dan malam harinya di gunakan untuk beribadah sunat (HR. Bazar dari Abu Hurairah)”.


Seorang muslim yang diamanati Allah tiga orang anak putri, kemudian dididik dan dibimbing secara layak hingga dewasa, atau meninggal sebelum baligh, maka dia akan selamat dari siksa api neraka”. Sabda Rasulullah SAW, lalu ada seorang wanita mengajukan pertanyaan: Ya Rosulullah, bagaimana halnya kalau hanya dia diamanati dua orang anak putri? Jawab beliau: Dua orang anak putri yang dididik secara baik, bisa menjadi penyelamat dari siksa api neraka”. (HR. Thabrani dari Abdurrahman bin Auf).


“Barangsiapa memiliki tiga orang putri atau tiga orang saudara putri, atau memiliki dua orang anak putri atau dua orang saudara putri, kemudian ia medidiknya dengan baik hingga memiliki ketaqwaan kepada Allah dan akhlak yang mulia, maka dia berhak masuk surga”. (HR. Tirmidzi).


“Barangsiapa di amanati Allah seorang putri, bila mati tidak ditangisi, dan bila hidup dididik secara baik, maka dia dapat jaminan surga” (HR. Abu Dawud, Hakim dari Ibnu Abbas).


“Barangsiapa menyenangkan (memanjakan) anak perempuan, maka ibarat menangis karena takut kepada Allah. Dan barangsiapa menangis karena takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan jasadnya masuk kedalam neraka.” (HR. Abu Ya’la, Ahmad).

Wallahu a'lam bis-showab,
Frankfurt, 15 Oktober 2005


Komentar :

Anak perempuan ternyata menguntungkan bagi lelaki (bapak) dan perempuan (ibu). Islam menempatkan konteks adil dalam koridor yang benar antara lelaki dan perempuan. Artikel ini membahas makna mengasuh perempuan berdasarkan perspektif hadits. Tentunya tidak alasan lagi membeda-bedakan peran perempuan dan peran lelaki dalam rumah tangga baik dalam konteks sebagai orang tua maupun sebagai anak. Semoga artikel ini memberikan pencerahan buat sahabat pembaca.
Bagi yang ingin berkomentar, silahkan dalam rubrik comment.


Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Ummu Hani
Kajang, Selangor, Darul Ehsan, Malaysia.
posted by Ummu Hani @ 7:30 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
My Photo
Name:
Location: Kajang, Selangor, Malaysia

A servant of Allah, a Muslim Woman, Dakwah Activist, University tutor, Master students, love writing and cooking :)

Udah Lewat
Archives
sutbok
Friends
Links
Template by
Blogger Templates
© ~~ Secercah Cahaya Bagi Sesama ~~