Friday, November 10, 2006
Secercah Cahaya Bagi Sesama
Setiap kata mesti memiliki makna sebab kata yang penuh makna lebih mampu melembutkan hati, menggerakkan jiwa dan mencerdaskan pikiran. Inilah yang membedakan kata-kata yang menggugah dan kata-kata yang tidak menggugah. Banyak buku, artikel, leaflet, selebaran, buletin, majalah, dan surat kabar yang mana kata-kata sebagai 'pelakon' utamanya tetapi belum tentu mampu menggerakkan jiwa seseorang untuk bertindak, boleh jadi salah satu penyebabnya kata-kata itu tidak memberikan arti, tidak berkesan, dan tidak bercita rasa. Kata sederhana mampu menggugah pembaca kalo pilihan katanya benar dan diletakkan pada konteks kalimat yang benar. Pilihan kata (diksi) juga mampu memperlihatkan karakter seseorang.

Dahulunya judul blog ini adalah setetes embun ditengah padang pasir. Kalimat yang diberikan oleh seorang bidadari sholehah yang nun jauh dimata. Saya tidak bermaksud mengubahnya tapi saya ingin menggantinya dengan kata-kata yang mampu menggerakkan jiwa menuju kebaikan. Ups, akhirnya saya memilih kalimat secercah cahaya bagi sesama, Secercah sama dengan sebahagian, beberapa bahagian, cahaya bermakna ilmu, hikmah, pengalaman, hal-hal yang baru yang membawa kepada pencerahan wawasan, pencerahan ilmu, dan pencerahan sudut pandang. Intinya semuanya hal-hal ini merujuk kepada kemanfaatan dan kebaikan. Berbagi bagi sesama, maknanya apa yang saya tuliskan siap untuk dibagi, didownload, dicopy paste, atau dijadikan rujukan dalam setiap diskusi ilmiah, pembicaraan ringan, tulisan dan juga dijadikan kritikan. Pengertian berbagi menunjukkan semua yang saya tuliskan diblog mesti diikhlaskan digunakan dalam kebaikan. Saya jadi teringat sebuah buletin dakwah di Malaysia, pada halaman dari redaksi, dituliskan "buletin ini terbitkan oleh Forum Komunikasi Muslimah Indonesia, disebarluaskan dalam forum-forum yang diselenggarakan Muslimah Indonesia. Mengutip, memperbanyak dan menyebarluaskannya untuk kebaikan sangat dianjurkan".


Menulis blog ternyata juga harus mempunyai misi dan visi. Misi untuk menulis kebaikan. Misi agar orang-orang bisa tercerahkan. Misi supaya manusia paham akan kekuasaan Allah dan eksistensi diri. Dan kesemuanya ini merupakan amanah seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Ahzab ayat 70 "Wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar". (12.33 AM, Kajang, Selangor, Darul Ehsan, Malaysia).
posted by Ummu Hani @ 8:22 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me
My Photo
Name:
Location: Kajang, Selangor, Malaysia

A servant of Allah, a Muslim Woman, Dakwah Activist, University tutor, Master students, love writing and cooking :)

Udah Lewat
Archives
sutbok
Friends
Links
Template by
Blogger Templates
© ~~ Secercah Cahaya Bagi Sesama ~~